Menelusuri Kelahiran Nabi Isa Al-masih A.S.

Oleh: H. Irfan Anshory
Sumber: infananshory.blogspot.com

TERNYATA tidak ada catatan sama sekali mengenai peringatan kelahiran Nabi Isa Al-Masih a.s. (dilatinkan: Jesus = Isa; Kristus
= Al-Masih) sampai abad ke-4 Masehi. Absennya perayaan Natal sebelum
itu menunjukkan bahwa mungkin tidak ada yang tahu secara pasti kapan
utusan Allah yang mulia itu lahir. Kitab-kitab Injil yang empat tidak
menyebutkan tahun kelahiran beliau, apalagi tanggal dan bulan yang
eksak. Clement (150-215), seorang uskup di Iskandariah, menetapkan
tanggal 18 November. Sebuah dokumen dari Afrika Utara tahun 243,
berjudul De Pascha Computus, menempatkan kelahiran Jesus Kristus pada tanggal 28 Maret di awal musim semi.

Umat Nasrani pada masa-masa awal tidak pernah tertarik untuk merayakan Natal, sebab mereka memandang suatu perayaan ulang tahun sebagai kebiasaan orang-orang kafir. Seorang tokoh gereja abad ke-3, Origenes, bahkan menyatakan bahwa adalah merupakan suatu dosa jika ada yang berusaha mencari-cari tanggal kelahiran Jesus, sebab hal itu berarti menyamakan Kristus dengan seorang Fir’aun! Injil yang paling tua, Injil Markus, yang ditulis sekitar tahun 50, memulai uraian dari kisah
pembaptisan Jesus Kristus yang sudah dewasa oleh Johannes Sang Pemandi (Nabi Yahya bin Zakaria a.s.). Fakta ini merupakan indikasi bahwa umat Nasrani pada masa-masa awal memang tidak memiliki interes terhadap masalah kelahiran Jesus. Baru pada Injil Matius dan Injil Lukas, yang ditulis dua sampai empat dasawarsa kemudian, kita memperoleh kisah lahirnya Nabi agung yang merupakan putra suci Siti Maryam r.a. itu.

Informasi paling awal mengenai perayaan Natal tercantum dalam Philocalian calendar, suatu dokumen Romawi tahun 354, yang menyatakan 25 Desember sebagai hari kelahiran Jesus Kristus. Dijelaskan dalam dokumen tersebut bahwa
tanggal itu ditetapkan oleh Uskup Liberius dari Roma, dan kemudian
diresmikan oleh Gereja. Pada mulanya banyak kalangan intern kepausan
yang tidak setuju dengan tanggal itu, sebab 25 Desember jatuh pada
musim dingin, di mana hampir mustahil ada penggembala di padang rumput Palestina pada malam hari seperti diberitakan Injil! Tetapi Gereja
sangat berkepentingan dengan tanggal 25 Desember, sebab penetapan
tanggal itu diharapkan efektif untuk memikat hati orang-orang kafir
Romawi yang mulai tertarik kepada ajaran Nasrani setelah Kaisar
Konstantinus (bertahta 306-337) memeluk agama tersebut. Tanggal 25
Desember adalah saat Natalis Solis Invicti (“Kelahiran Dewa
Matahari Yang Tak Terkalahkan”), yang dirayakan oleh orang-orang Romawi dalam bentuk Festival Saturnalia, untuk menghormati kelahiran Mithra, dewa matahari mereka, yang identik dengan Helios, dewa matahari Yunani.
Orang-orang Romawi memang berduyun-duyun memeluk agama Nasrani, tetapi Festival Saturnalia tanggal 25 Desember dilestarikan dalam bentuk
perayaan Natal.

Ketika agama Nasrani tersebar di kawasan Eropa Barat, perayaan Natal dilengkapi dengan “pohon Natal” (Christmas tree)
yang dipuja oleh bangsa-bangsa kafir Jerman dan Skandinavia. Bangsa
Inggris baru mengenal pohon Natal ketika Ratu Victoria menikahi
Pangeran Albert, yang membawa tradisi itu ke Inggris dari daerah
asalnya Jerman pada tahun 1840. Bagaimanakah dengan Santa Claus? Sudah tentu dia tidak pernah tinggal di Kutub Utara dengan rusa-rusanya
seperti mitos yang beredar di kalangan anak-anak umat Nasrani. Dia
adalah Saint Nicholas, uskup abad ke-4 di Nicaea (sekarang Iznik, masuk
wilayah Turki) yang gemar membagikan hadiah kepada anak-anak. Tradisi
ini populer di Negeri Belanda dengan sebutan San Nicolaas. Ketika
orang-orang Belanda berimigrasi ke Amerika—kota New York sekarang
adalah bikinan Belanda, dulu namanya New Amsterdam—mereka
memperkenalkan tradisi bagi-bagi hadiah dari San Nicolaas ini, yang
oleh lidah anak-anak Amerika diucapkan Santa Claus. Akhirnya pada tahun 1863, kartunis terkenal Thomas Nast menggubah lukisan Santa Claus dengan berpakaian merah dan berjanggut putih, lengkap dengan ketawa ‘ho-ho-ho’nya, yang populer sampai hari ini.

Kapan Isa Al-Masih (Jesus Kristus) lahir?

Pada masa Nabi Isa Al-Masih a.s. berlaku kalender Julian yang memulai perhitungan tahun dari 708 AUC (ab urbi condita),
yaitu 708 tahun sesudah pembangunan kota Roma, yang ditetapkan Julius Caesar sebagai tahun 1 Julian (tahun 46 SM menurut hitungan kita
sekarang). Injil Lukas 3:1 mengatakan bahwa Jesus memulai tugas
kerasulan pada tahun ke-15 pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius
Pilatus diangkat menjadi gubernur Judea. Tiberius bertahta dari tahun
60 Julian sampai 83 Julian (14-37 Masehi), sehingga kejadian yang
diceritakan Lukas itu berlangsung tahun 75 Julian (29 Masehi).
Informasi Lukas ini dijadikan dasar oleh Dionisius Exiguus, pejabat
tinggi kepausan di Roma pada abad ke-6, untuk menetapkan perhitungan
tahun Anno Domini (AD atau Masehi). Oleh karena menurut Lukas
3:23 usia Jesus saat itu “kira-kira 30 tahun”, maka Dionisius
memperkirakan Jesus lahir tahun 47 Julian, yang ditetapkannya sebagai
Tahun 1 Anno Domini, dan tahun ketika menetapkan itu, yaitu 572 Julian,
diganti angkanya menjadi 526 AD. Sejak tahun 526 kalender Julian—yang
pada tahun 1582 dikoreksi dengan dilompatkan 10 hari menjadi kalender
Gregorian—mulai memakai hitungan tahun Anno Domini (Masehi) yang
berlangsung sampai sekarang.

Tetapi benarkah Nabi Isa Al-Masih
a.s. lahir pada tahun 1 Masehi (47 Julian)? Tahun itu hanyalah
perkiraan Dionisius. Kenyataannya, baik Injil Lukas (1:5) maupun Injil
Matius (2:1) mencatat kelahiran Jesus pada masa Raja Herodes, yang
berarti antara tahun 37 SM dan 4 SM (10 sampai 43 Julian). Lukas 2:1-2
juga mengatakan bahwa Jesus lahir ketika gubernur Suriah Quirinius,
atas perintah Kaisar Augustus, mengadakan sensus penduduk di Palestina.
Sensus ini tentu berlangsung sesudah pengangkatan Quirinius tahun 6 SM (41 Julian). Maka tidaklah jauh dari kebenaran jika kita memperkirakan Nabi Isa Al-Masih a.s. lahir pada sekitar tahun 5 SM (42 Julian), dan sudah jelas bukan tahun 1 Masehi sebagaimana perkiraan pencipta hitungan tarikh Masehi, Dionisius Exiguus.

Tanggal dan bulan kelahiran Nabi Isa Al-Masih a.s. tidak dapat dipastikan, sebab tidak ada informasi sama sekali mengenai hal itu. Tetapi kita dapat melakukan educated guess mengenai musim (season) ketika beliau lahir. Injil Lukas 2:8 mencatat suasana malam kelahiran Isa Al-Masih sebagai berikut: Et pastores erant in regione eadem vigilantes et custodientes vigilias noctis super gregem suum
(“Dan para gembala di padang rumput pada daerah itu sedang menjaga dan mengawasi pada waktu malam kawanan ternak mereka”). Ketika berkunjung ke Jerusalem, saya pernah bertanya kepada orang pribumi di sana:
kira-kira pada bulan apa para gembala tinggal di padang rumput sampai
malam hari? Dia menjawab bulan April atau bulan Mei pada musim semi (spring season).

Kitab Al-Qur’an pun menceritakan kelahiran Nabi Isa Al-Masih a.s. dalam Surat Maryam, tetapi tidak dijelaskan kapan beliau lahir. Namun ada ayat yang memberikan indikasi bahwa Nabi Allah yang mulia itu lahir pada musim semi. Ketika Siti Maryam r.a. melahirkan putranya yang suci itu,
malaikat Jibril berkata kepadanya, sebagaimana tercantum dalam Surat
Maryam ayat 25: Wa huzzi ilaiki bi jidz`i n-nakhlah, tusaqith `alaiki ruthaban janiyya
(“Dan goyanglah ke arahmu pohon kurma itu, ia akan menjatuhkan kepadamu buah masak dan segar”). Jadi kelahiran Nabi Isa Al-Masih a.s. terjadi pada saat buah-buah kurma cukup ranum, sehingga akan berjatuhan jika pohonnya digoyang. Sampai sekarang di daerah Timur Tengah panen kurma berlangsung pada musim semi.

Silsilah Nabi Isa Al-Masih a.s.

Injil
Matius 1:1-17 menelusuri silsilah secara menurun dari Nabi Ibrahim a.s.
sampai Nabi Isa Al-Masih a.s., sedangkan Injil Lukas 3:23-38 menelusuri
silsilah secara mendaki dari Nabi Isa Al-Masih a.s. sampai Nabi Adam
a.s. Baik Matius maupun Lukas berusaha menjelaskan bahwa Nabi Isa
Al-Masih a.s. adalah keturunan Nabi Daud a.s.

Matius menguraikan silsilah Nabi Daud ke bawah dengan menempuh jalur Solomon bin Daud (Nabi Sulaiman a.s.). Silsilah yang dimulai dari Nabi Ibrahim itu dikelompokkan Matius menjadi tiga bagian, masing-masing mencakup 14 generasi. Angka 14 yang ditetapkan Matius ini sudah pasti diambil dari nama “Daud” (dalam huruf Ibrani menggunakan tiga konsonan D-W-D atau daleth-waw-daleth), yang dalam numerologi Ibrani (dan juga Arab) bernilai: daleth(4) + waw(6) + daleth(4) = 14. Apa boleh buat, banyak nama keturunan Nabi Sulaiman dalam kitab umat Yahudi (Perjanjian Lama, kata umat Nasrani), yaitu Dibre Hayyamim (Chronicles; Tawarikh) 3:10-20, yang terpaksa dibuang oleh Matius agar tidak melebihi angka 14.

Lukas menempuh jalur berbeda dalam silsilah yang disusunnya. Menurut Lukas, Isa Al-Masih bukan keturunan Solomon bin Daud seperti kata Matius, tetapi keturunan Nathan bin Daud, abang Nabi Sulaiman yang tercantum dalam Dibre Hayyamim 3:5. Nama-nama dari Daud ke bawah yang disusun Lukas hampir semuanya berlainan dengan yang disusun Matius. Jumlah generasi pun tidak sama. Dari Daud sampai Isa Al-Masih, Lukas mencantumkan 42 generasi, sedangkan Matius cuma 27 generasi. Tetapi kedua penulis Injil ini bertujuan sama: pokoknya Jesus Kristus adalah keturunan Daud!

Ternyata silsilah yang disusun oleh Matius dan Lukas tidak bersambung kepada Nabi Isa Al-Masih a.s.! Mereka berdua menguraikan silsilah yang menurunkan Yusuf suami Maryam, bukan silsilah Maryam sendiri. Padahal Nabi Isa Al-Masih a.s. adalah putra suci Siti Maryam r.a. yang perawan (lahir dengan kekuasaan Allah!), dan sama sekali tidak ada hubungan darah dengan Yusuf. Meskipun Yusuf suami Maryam, Yusuf sama sekali tidak melakukan hubungan badaniah dengan istrinya sampai utusan Allah yang mulia itu lahir!
Matius sendiri mengakui hal ini (1:25): Et non cognoscebat eam donec peperit filium suum primogenitum (“Dan tidaklah dia ‘menyatu’ dengannya sampai melahirkan putra laki-lakinya yang sulung itu”).

Jelaslah bahwa Nabi Isa Al-Masih bukanlah keturunan Nabi Daud, meskipun Matius dan Lukas jungkir-balik berusaha menjelaskan hal itu dengan silsilah yang berbeda-beda. Dengan kata lain, Isa Al-Masih bukanlah Bani Israil suku Yehuda (Judah). Beliau adalah Bani Israil suku Lewi, sesuai dengan garis keturunan Siti Maryam r.a. yang serumpun dengan Nabi Musa dan Nabi Harun. Imam-imam Bani Israil umumnya memang dari suku Lewi.
Menurut Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 33-35, Nabi Isa Al-Masih dan ibu
beliau Siti Maryam adalah keturunan Imran, ayahanda Nabi Musa dan Nabi Harun, yang jelas merupakan keluarga Lewi, bukan keluarga Yehuda. Hal ini tercantum dalam We’elleh Shemoth (Exodus; Keluaran) 2:1. Juga dalam Surat Maryam ayat 28, Maryam dikatakan perempuan keluarga Harun (ukhta Harun).

Sebetulnya Lukas pun diam-diam mengakui bahwa Siti Maryam dan putranya Isa Al-Masih adalah suku Lewi. Dalam Lukas 1:5 tertulis bahwa Elisabeth istri Nabi Zakaria (ibunda Nabi Yahya) adalah keturunan Nabi Harun (filiabus Aaron), sedangkan dalam Lukas 1:36 dijelaskan bahwa Elisabeth dan Maryam adalah sekeluarga (cognatus). Juga estimasi Lukas (3:23) bahwa usia Jesus “kira-kira 30 tahun” (quasi annorum triginta)
ketika memulai tugas kerasulan merupakan indikasi bahwa Nabi Isa
Al-Masih memang suku Lewi, sebab menurut Bemidbar (Numbers; Bilangan) 4:47 para imam dari suku Lewi baru wajib melakukan tugas imamatnya setelah berusia 30 tahun.

Kesimpulan: (1) Nabi Isa Al-Masih a.s.
mustahil lahir pada bulan Desember. Utusan Allah yang mulia itu mungkin lahir pada musim semi (April atau Mei). (2) Nabi Isa Al-Masih a.s. bukanlah keturunan Nabi Daud a.s. (suku Yehuda). Putra suci Siti Maryam r.a. itu jelas merupakan suku Lewi.

Quod erat demonstrandum!***

Powered by ScribeFire.

About these ads

~ oleh tamanislam pada 22 Desember 2008.

52 Tanggapan to “Menelusuri Kelahiran Nabi Isa Al-masih A.S.”

  1. Anda memposisikan diri anda sbg orang Islam atau Nasrani,… ?
    Isa Alaihi Salam bukan Yesus…
    Yesus adalah Yudas Eskarios, Murid nabi Isa yang berhianat dan di Serupakan Oleh ALLAH Wajah dan Fisiknya… hingga ia mati di Bunuh…

    http://eidariesky.wordpress.com

  2. Kalian Islam memang sontoloyo..kurang kerjaan ya..nih gua kasih kerjaan..Bisa-bisanya kalian percaya Muhammad yg mukanya saja nggak kalian kenal..lihat nih ajarannya yg katanya turun langsung dari Allah (Allah keturunan Arab?)

    ALKITAB (katakanlah Kristen) jauh lebih dulu muncul dari ALQURAN (Islam)..lihat deh isinya tentang siapa yg dikurbankan oleh Ibrahim/Abraham..Ishak bukan Ismail..aneh kan..kalo Alkitab cuma ngawur, apa ya alasannya..sekarang kalian rayakan Idul Qurban sbg peringatan akan Ismail..darimana asalnya…

    Rukun kelima adalah naik haji (sebenarnya bagi yg mampu saja ya)..saya kok selalu bingung orang2 Arab disana nggak semuanya haji, padahal gratis nggak perlu mikirin ONH kan..ini perintah agama atau perinth departemen pariwisata Arab sih..he2..Feliz Navidad…

    Admin:
    “Silahkan berkomentar, kami tidak akan menghapus komentar anda. Apa yang anda tulis akan mencerminkan siapa diri anda”
    Kami membuat blog ini ditujukan untuk pencerahan kaum muslim, bukan untuk menjelek-jelekkan siapapun. Anda harus tahu, Nabi Ibrahim dan keturunannya termasuk Nabi Isa adalah nabi kaum muslim yang mendapat tempat yang terhormat. Bukan diagungkan karena keturunan, tapi mereka adalah penegak agama tauhid. Kalau anda tertarik membaca, silahkan renungkan apakah memang tulisan diatas sesuai dengan fakta atau tidak. Saya yakin anda belum membaca tulisan ini seluruhnya. Dan dari tulisan anda, kami menyimpulkan pemahaman anda terhadap agama anda sendiripun kurang. Apalagi mengenai ajaran dan hukum-hukum islam, pasti blank sama sekali. Kalau anda merasa mempunyai argumen yang kuat untuk menyanggah silahkan buat tulisan yang baik, berikan link kepada kami. Kami akan dengan senang hati untuk membacanya. Kami selalu terbuka untuk berdiskusi dengan anda supaya kita semua mendapat pencerahan.
    Semoga Allah memberikan petunjuknya.

  3. sudah lah, Tuhan tahu segala nya. manusia hanya bisa memperkirakan nya. kmu jg pasti ketemu jawaban nya nanti di dunia sana.. ngapain cape2 mikirin yg kyk gitu skrg? yg penting sekarang perdalam iman kita dengan Tuhan. siapa yg setuju dgn pernyataan aku?he3x!
    Cintai Tuhan sepenuhnya, melayani Tuhan, bukan kan sangat indah dan damai? peace^^v
    yesus pernah berkata “Aku datang bukan untuk di layani, tetapi untuk melayani”

  4. Ya begitulah perkataan orang kafir sejak zaman nabi MUHAMMAD saw, Padahal mereka tau didalam Al-Quran, Nabi Muhammad, beliaulah orang yang sangat menghormati nabi ISA, Tapi hati mereka tetap buta, dan mereka bersahabat dengan yahudi yang jelas adalah umat yang hendak membunuh nabi ISA, dengan dalih penebus Dosa, hati mereka buta, tuli, dan bisu.

  5. ALLAH MELINDUNGI NABI SAYA ISA, DARI PEMBUNUH YAHUDI, ALLAH MENCIPTAKAN NABI ADAM TAMPA AYAH DAN IBU, NABI ISA TAMPA AYAH, BELIAU MENYEMBUHKAN ORANG BUTA DAN MENGHIDUPKAN ORANG MATI, SANGAT MUDAH BAGI ALLAH MEMBUAT YUDAS PENGHIANAT MATI DI SALIB..

  6. Saya rasa anda keliru, kalu menurut anda nabi isa diselamatkan Allah dan digantikan yudas,brarti nabi isa tidak sesuai dengan apa yang dikatakannya sendiri, Percayalah pada Allah,percaya juga pada AKU, kata yesus,banyak kata2 yesus yang menandakan kalu yesus akan mati di kayu salib,bila itu tidak benar maka nabi isa adalah palsu,karena tidak menipu khalayak ramai, apakah nabi isa nabi palsu?

  7. Saya rasa anda keliru, kalu menurut anda nabi isa diselamatkan Allah dan digantikan yudas,brarti nabi isa tidak sesuai dengan apa yang dikatakannya sendiri, Percayalah pada Allah,percaya juga pada AKU, kata yesus,banyak kata2 yesus yang menandakan kalu yesus akan mati di kayu salib,bila itu tidak benar maka nabi isa adalah palsu,karena menipu khalayak ramai, apakah nabi isa nabi palsu?

  8. Yesus adalah keturunan daud,walaupun maria tidak disentuh yusuf,karena malaikat gabriel mengatakan di mimpi yusuf bahwa yusuf akan punya keturunan yang di berikan Allah,jadi anda menentang firman Allah,apa yang dikatakan Allah adalah benar dan tidak seorang manusia pun bisa menyanggahnya,soal lahir yesus?orang dulu bahkan nabi ato kitab suci manapun ga ada yang tau,apalagi anda anak ingusan,soal dirayakan itu hanyalah simbolik bahwa umat kristen bisa berbenah diri dengan mengingat yesus,

  9. Dalam artikel anda terdapat kata “Isa yang Agung “lalu ada “ISA YANG MULIA” bukan kah anda percaya bahwa hanya Allah Yg agung dan mulia?dimana kepercayaan anda kepada muhammad! Jika Isa yang agung dan mulia kenapa anda tidak percaya kepada kitab suci tentang yesus, anda sungguh plin plan,

  10. @layhandro: Tolong baca sejarah, YESUS diangkat menjadi TUHAN berdasar voting yang dipimpin oleh kaisar konstantin penyembah berhala yang mengaku-ngaku kristen.

  11. untuk bertentang tidak ada penyelesaiannya…sampai bilapun tetap tak selesai.saya beriman dengan ajaran krestian dan saya tak menyalahkan orang islam tentang kepercayaan mereka.kerana semua ini hanya TUHANyang tahu yang sebenarnya,kita tak melalui zaman NABI ISA mahupun MUHAMMAD.yang kita pegang sekarang adalah kepercayaan masing2.bg sya,orang islam TIDAK BOLEH MEMAKSA orang krestian percaya dengan Al-Quran kr mereka berpegang dgn kitab mereka SDGKAN krestian berpegang pada INJIL.hal ini tidak ada kesudahannya…apa yang penting masing2lah kita renung diri sendiri sama ada kita benar2 sudah menurut perintah Tuhan atau tak.anda islam,ok teruskan dgn iman anda dan jika anda pengikut kristus puji Tuhan.hal pertelingkahan tentang nama YESUS memang dah dijangka oleh orang KRESTIAN kr Dia pernah berkata dlm injil bahawa orang akan berpecah belah kerana DIA

  12. ya kita lihat saja nanti,siapa yang masuk surga dan siapa yang masuk neraka (islam ato kristen).hidup cuma sekali dan sementara.ya Alloh matikan aku dalam keadaan islam dan khusnul khotimah

  13. Mengapa orang Indonesia sangat suka membahas hal-hal yang berbau agama namun tidak menghasilkan yang baik? Karena orang Indonesia memiliki fanatisme yang dalam bahkan un controlled. Jangan coba singgung salah satu suku atau agama di Indonesia ini, akan ada reaksi yang besar. Sebenarnya fanatisme itu bagus asal pada tempatnya seperti saat mendukung team Indonesia di sebuah kejuaraan. Bangsa ini katanya bangsa ber agama, adat ketimuran. Coba kalau ada kecelakaan di jalan, warga hanya akan menonton. Buang sampah sembarangan, tidak mau antri, pembunuhan, pemerkosaan saudara sendiri, perkelahian antar kampung, korupsi. Siapa yang akan kita salahkan? Bangsa Jepang yang kita sebut atheis saja jauh lebih baik dari bangsa ini. Bukan karena ekonominya, tetapi budaya hidupnya. Jadi PR di bangsa ini masih sangat banyak.Kita disini masih saling hujat, merasa paling benar. Yang jelas, agama adalah hubungan vertikal manusia dengan Tuhan. Hubungan horizontal antar manusia gunakanlah hubungan kemanusiaan, karena manusia mahluk sosial butuh teman. Memaki, menghujat, menghina merasa paling benar menunjukkan kita mundur ke zaman suram ketika Jesus dan Nabi Muhammad belum datang ke dunia (artinya kita mundur beberapa ribu tahun). Sayang sekali! Jika negara lain pada maju. Kita malah mundur. Semoga kita menyadarinya. Salam. (maaf kepada pengelola taman islam, saya koment disini karena saya link dari kompasiana)

  14. Ass.wr.wb,
    Memang benar keterangan diatas bahwa nabi isa almasih adalah keturunan lewi dari ibunya siti maryam r.a yaitu keturunan para nabi(Musa a.s dan Harun a.s) seperti juga nabi yahya a.s.
    Keterangan ini tidak dapat dibantah lagi karena Aquran,kitab taurat dan kitab injil telah membuktikannya.

    wass.wr.wb,
    Sayyid.

  15. Sering terjadi kontroversi antara umat Kristen dan umat Islam dalam hal anak Ibrahim Alaihis-salam, yaitu Ismael atau Ishak yang diberikan sebagai kurban.

    Injil sangat jelas menunjukkan siapa yang diberikan sebagai kurban:

    Firman-Nya (Tuhan): “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran… ” (Injil Kejadian 22: 2).

    Dalam masa apa pun, hanya Ismail keturunan Ibrahim Alaihis-salam yang dapat dilukiskan sebagai “anakmu yang tunggal” karena selama 13 tahun lebih, Ismail adalah satu-satunya anak dan keturunan Ibrahim.

    Dalam kitab kejadian saja, tidak kurang dari 12 kali Tuhan memberitahu bahwa Ismael adalah “anak dan keturunan” Ibrahim. Tidak ada masa dimana Ishak adalah satu-satunya anak dan keturunan Ibrahim!

    Kesalahan penulisan berada di tangan bangsa Yahudi yang melakukan edit terhadap kitab Musa, seperti yang diratapi Nabi Yeremia:

    “Bagaimanakah kamu berani berkata: Kami bijaksana dan kami mempunyai Taurat Tuhan? Sesungguhnya, Pena palsu penyurat sudah membuatnya menjadi bohong.” (Injil – Yeremia 8: 8).

    Ketika bangsa Yahudi diketahui mengubah bangsa Israel menjadi bangsa Ismael dengan tidak melibatkan motivasi apa pun, maka betapa mudah bagi mereka mengubah kata “anakmu yang tunggal Ismail” menjadi “anakmu yang tunggal Ishak”. Anda dapat membuktikan penyakit orang Yahudi ini di dalam Injil:

    “… Amasa adalah anak seorang yang bernama Yitra seorang bangsa Israel …” (Injil – 2 Samuel 17: 25)

    Bandingkan dengan:

    “… dan ayah Amasa ialah Yeter (sama dengan Yitra), orang bangsa Ismail.” (Injil – 1 Tawarikh 2: 17)

  16. kitab injil yang asli sudah hilang dilaut merah….dan saya meyakini Al-qur’an. yang tiada berubah dan tiada seri dan edisi penulis.Allah selalu menjaga alquran

  17. @ eidariesky:..bahwa isa almasih itu bkn jesus kristus dia mencoba membeberkan fakta2 nya,,jesus yg mrk kira itu adalah yudas yg menggantikan nabi isa..sdangkan nabi isa diangkat oleh Alloh

    @ puq: haha yg dmaksud dgn yang mampu itu bkn hanya dlam materi,tapi dalam fisik,juga ilmu tntang ibadah haji..bgaimana kalau org yg gila,bagaimana kalau anak kecil yg blum kuat ktika brdesak2an,bgaimana dgn org yg cacat..
    @ layhandro: bkan tdk prcaya pada isa..tapi tdk prcaya bahwa nabi isa adalah yesus..lagi pula injil tiap tahun kan di refisi bgaimana hrus prcya pda yesus yg mmbawanya sdangkan kami pun t prcya bahwa isa itu yesus
    @ saragyo: maaf kita lagi ngebahas tntang isa almasih dan tntang yesus..bkan tntang polotik/sosial..memang bagus tapi bkan tempatnya.tapi omongan anda memnag bagus..bgaimana kalau anda menyalonkan diri menjadi presiden .apakah akan sesui dgn perkataan anda..kita lihat saja nanti :-)

    artikel ini mengarahkan bahwa isa itu bkan yesus yg nasrani anggap jngan hanya dibaca tapi coba berfikir..mungkin krna krang sdikit ksimpulan yg mngarah pda hal itu :-D

  18. Banyak sekali bacot orang kristen ini: simpel aja. kalau mereka menganggap Isa itu Tuhan, Toh Tuhan mereka bisa di Salib? yg di sembah adalah orang yang kena salib? Tuhan dia aja tak bisa menyelamatkan dirinya apa lagi menyelamatkan orang2 kristen…..sungguh dungu… Kitab orang kristen aja berobah-robah, saling berbeda kitab satu dengan yang lain…hahaha..basi dech orang kristen yg berdebat……

  19. Kami umat Islam seluruh dunia memulyakan Nabi Isa, tapi kaum nasrani jangankan memuliakan mengakuinya saja tidak mau. Ok
    Orang-orang picik & licik. “Damai” itu slogan anda sekalian untuk meredam gejolak kami tapi dibalik itu semua anda bergerilya mengganggu akidah kami coba baca tentang Irine Handoyo (para pendeta mendoktrin agar umatnya membenci Islam), kristenisasi di salatiga. Anda lebih baik jangan mendebat lagi, nanti pada saat akan mendekati hari kiamat tidak ada lagi yang namanya Islam dari muka bumi ini & akan tau akibatnya contoh berhubungan sex dijalan tempat umum dll. Anda tau negeri soddom yang di hancurkan Allah SWT yang sudah di teliti oleh peneliti kristiani?

  20. Yang penting Dimana2 udah terbukti Islam adalh yg agama kebenaran… Kebanyakan yg masuk islam karena akal sehat yg membuat mereka yakin Islam agama yg jelas kebenarannya.. salah satu contoh albert eisntein seorng Muslim.. baca : http://www.divineperformance.com/apakah-einstein-seorang-muslim-syiah-berikut-penjelasannya/

  21. asslmu’alaikum …………..benar itu saudara seiman , itulah kebodohan mereka yang tidak mau mereka akui, sebenarnya mereka paham akan kejanggalan-kejanggalan yang ada dalam ajaran krieten, tapi mereka malu dan gengsi untuk mengatakan ISLAM Agama yang benar ……

  22. Subhanallah
    Umat Muslim mempunyai 6 rukun iman dimaa kami harus mempercayai dan mengimani rukun iman tersebut..2 diantaranya adalah
    # Iman kepada Kitab-KitabNya.(yaitu Zabur,taurat,injil dan Al-qur’an nul karim)
    # Iman kepada para Rosul-Nya. (dari Adam alaihisalam sampai nabi Muhammad Salallaulahualaihiwasallam) berarti disini kami juga sangat memuliakan dan mengimani nabi Ibrahim,musa,Isa a.s (Almasih)sampai nabi muhammad SAW
    dan dalam shalat 5 waktupun kami selalu bersalawat atas nabi ibrahim…
    Jadi kami umat muslim tidak pernah membedakan mana nabinya kaum nasrani ataupun nabinya kaum muslimin..karena semuanya ada dalam Al-Qur’an.
    Ya Allah Ampunilah kami dan berilah kami petunjukmu..amin ya rabbal’alamin
    ..Maha Suci Allah dengan segala firmanNya..

  23. “Sesungguhnya telah kafirlah orang-oranq yanq berkata: ‘Sesungguhnya Allah ialah Almasih putra Maryam’, padahal Almasih (sendiri) berkata: ‘Hai Bani Israel, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu’.

    ‘Sesungguhnya oranq yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan sorqa baginya, dan tempatnya ia(ah neraka, tidaklah ada bagi orang-oranq zalim itu seorang penolong pun.” (Q.S. al-Maidah 5:72).

    bersabarlah hai org2 muslim, dan jadikanlah sholat dan sabar itu sebagai penolongmu..
    kita smwa adalah, org2 yg berakal fikiran, Hanya Allah yg mengetahui itu smwa.. Dan Maha Benar Allah dengan Segala Firman-Nya,
    Semoga qt smwa termaasuk org2 yg beriman yg menyembah Allah bkn menyembah makhluk lain,batu, kayu, ataupun patung.
    Allahuakbar..

  24. orang kristen emang bodoh… coba kalian lihat didalam al-kitab (injil) kalian sendiri… hari sabat sebenarnya hari apa…??? seluruh bahasa hari sabat itu adalah hari sabtu…. ko’ orang-orang kristen melaksanakan ibaddahnya hari minggu…??? padahal tentang dianjurkannya beribadah hari sabat itu ditulis oleh tangan tuhan kalian sendiri. ko’ malah ikut orang2 pemimpin gereja yang dirubahnya jadi hari minggu…??? mau jak dibodohin kalian tu….

  25. ehm

  26. Saya Daniel Sumihar Hutagaol pengikut kristus anak Allah yang Tunggal beragama kristen protestan.
    Dalam agama saya, sedikitpun tidak di ajarkan untuk mencela agama lain apalagi menghina agama lain.
    Mau agama apapun kamu, saya tidak perduli!
    Negara Indonesia telah mengakui 5 agama untuk di peluk oleh maing-masing.
    Jadi kesimpulannya, Barang siapa yang ingin mencela agama orang lain, silahkan tanggung sendiri akibatnya dunia maupun akhirat!!!
    Kamu Cintai agamamu, Aku Cintai agamaku. Saling menghormatilah kita sebagai umat beragama.

  27. orang kristen itu memang aneh..Kita umat islam ini sebenarnya membelanya. Ketika orang majusi (persi) berperang dengan romawi (kristen) kita umat islam mendukung romawi…ketika orang yahudi menuduh mariam tidak perawan, maka islam membantah tuduhan itu dan menegaskan bahwa maria adalah perawan suci…ketika Yahudi mengolok-olok yesus karena mereka berhasil menyalibkan, maka islam membantah dengan ayatnya bahwa yesus selamat dari kayu salib karena telah digantikan dengan orang lain yang diserupakan dengan yesus…..Jadi rekan-rekan kristen-katholik, Islam itu sebenarnya membela kalian! menunjukkan kepada kalian sebuah kabar gembira. Bahwa Yesus sudah diselamatkan Tuhan dari kayu salib. Ibarat detektif jawabanya sudah ketemu. Assalamualaikum bro!

  28. Nabi Isa Adalah Anak yg sulung, sebelum adam lahir muhammad rasulluloh ada, Ratu Adil Putro Pembayun,…..kalimat diatas adalah menandakan subyek yang sama yaitu Citra dari Sang Pencipta sendiri dan wujudnya Roh,..tidak bisa kembali ke Bapa yg di surga tanpa melalui Aku,….nabi muhammad yg bisa memberikan syafaat, yesus yg akan memberi saksi didepan Bp yg di surga,…dan Ratu adil yg katam nebus dosaniro sabrojo jalmo kumoro,….petikan itu menandakan subyek yg sama,….wujudnya ROH, kalau raga bisa beda,…tdk ada yg bisa membawa keabadian kecuali anak yg sulung,…dan dijelaskan yg disalib bukan isa tp yang diserupakan,…artinya yesus/roh tak bisa disalib tapi yg diserupakan yaitu raganya, adalah manifestasi dari wujud roh,…mereka kelak (subyek yg 1) yg akan menyelamatkan dn memerintah diakir jaman, karena hanya putra pertama yg bisa diduduki Sang Pencipta/manunggal .untuk membangun kerajaan syurga di akir jaman. (manusia sdh mengalami kebangkitan Rochani) tdk diperintah angan2.itulah jaman yg terakir sampai manusia bisa pulang kembali, kebangkitan besar ini atau Kiamat Kubro akan ada sbgmana yang dijanjikan seluruh kitab, yaitu turunnya Alloh SWT sendiri memimpin setiap raga.maka tdk akan terjadi kesalahan dn tercipta kerajaan syurga, yg gemah ripah loh jinawi,…dan skrg adalah masa kebangkitan itu sdh dimulai, … Dia akan datang pd diri kita spt pencuri, kcuali kita dipilih akan paham,…dia lah AVatar khalqi, Budha Maetreya, mesias, Imam mahdi, Ratu adil,…mereka subyek Roch yg sama.mohon kita bersama saling menebar cinta kasih, dn jangan disesatkan dengan angan2 yg tdk bisa menafsirkan kitab yg isinya wahyuatau laku artinya simbolis yg masih harus dijabarkan dn dicari hakikinya.mari bersatu ada hal yg lebih penting untuk dihadapi bersama adalh kehancuran bumi karena dlm proses mencari keseimbangan,..dn
    akan bnyk jatuh korban.itu sabda yg pasti terjadi sebagai bentuk penyongsongan dn tanda2 memasuki jaman terakir dibaw2ah pimpinan ALLoh sendiri Dn Citranya/kekasihnya .

  29. Saran kepada ikhwan muslim untuk bicara santun kepada siapapun dalam berdiskusi, walaupun dia bukan muslim, semoga kesantunan kita akan diridlhai Allah SWT dan kepada mereka akan dibuka pintu hati dan fikiran mereka selaku mahkluk yang paling sempurna dimuka bumi.

  30. yang saya tahu,mengapa ibadat umat Nasrani bergeser dari hari Sabat menjadi Minggu(Ahad) adalah juga karena masih eratnyan paganisme di kalangan Romawi dahulu yang menyembah api/matahari.Mereka juga beribadat pada hari Minggu.Seperti halnya perayaan Natal yang jatuh pada 25 Desember yang bertepatan dengan hari kelahiran Dewa Matahari(Osiris).Sedangkan ,dalam Islam sendiri,kami meyakini Nabi Isa lahir pada Senin,4 Dzulhijjah ketika musim semi(secara perhitungan astronomis berarti jatuh pada 21 Maret 22 SM).Oleh karena itu,dalam Islam,kami disunnahkan puasa 9 hari di awal Dzulhijjah untuk menghormati beliau dan nabi Musa yang lahir pada bulan Dzulhijjah.
    Kalau alasan logisnya sih,sebagai pembeda antara umat Yahudi yang beribadat pada hari Sabat dan umat Islam yang beribadat pada hari Jumat.

    (correct me if i wrong) :)

  31. aq membenarkn kitab2 yg lain..kamu tidak dipandang beragama selagi tidak menegakkan ajaran2 allah yg terdapat didalam taurat,injil dan aq…bersatulah dlm menegakkn agama allah

  32. bismilahhiromanirohim mengapa islam di indonesia rumit ?

  33. Pertama, Kalau dilihat dari judulnya, yaitu “Taman Bacaan Islam”, jelas bahwa bacaan ini hanya ditujukan untuk Muslim. Maka yg nonmuslim, maaf, sebaiknya tidak ikut.

    Kedua, saya memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada penulis karena telah sangat objektif membaca naskah baik Qur’an dan Alkitab. Sy sependapat bahwa Isa AS adalah suku Lewi dari keturunan Harun. Itulah sebabnya Qur’an menjelaskan bahwa orang-orang Yahudi menyebut Maryam dengan sebutan “saudara/kerabat perempuan Harun”. Ini bukan berarti bersinomim dengan saudara sedarah dengan Harun, melainkan bermakna keturunan perempuab Harun (“the sister of Aron”) sebagaimana sebutan Isa (Yesus) sebagai Son of Abraham di dalam Alkitab yang bukan berarti betul-betul anak kandung Abraham.

    Terakhir, Qur’an tidak mengatakan bahwa Isa “digantikan” dalam peristiwa penyaliban. Qur’an hanya mengatakan bahwa peristiwa penyaliban (pembunuhan) itu seolah (“diserupakan”) benar-benar terjadi. Artinya, Isa seolah-olah telah mencapai ajal ditiang salib, padahal tidak. Selain itu, nama Yudas Iskariot tidak pernah disebutkan dalam Qur’an satu kali pun. Nama ini justru dikenal oleh kalangan Muslim dari riwayat yang dibawa Ahlil Kitab yang masuk Islam mula-mula. Jadi jangan salah interpretasi soal bagaimana Qur’an menceritakan bagaimana Isa diselamatkankan dari pembunuhan.

  34. assalamualaikum….tulisan cukup ilmiah, yang saya herankan banyak orang pintar di kalanngan kaum non muslim tidak bisa membedakan mana tuhan danmana manusia, manusia dijadikan tuhan heran, maaf lancang dan kami muslim bisa membedakan mana tuhan yang menciptakan langit dan bumi, manusia yang selalu makan dan minum.

  35. aku ykin bahwa nabi isa tidak mati pada penyalipan, krn dia adalah nabi allah, dalam ajaran kresten dia adalah sebagai yesus( tuhan yesus kristus) atau putra tuhan. mengacu pada keyakinan kresten kalau yesus bisa mati disalib alangkah lemahnya tuhan mereka, yakni tuhan yesus. Secara tidak langsung ini adalah penyesatan. aku juga tidak yakin apakah yang dimaksud oleh umat kresten tuhan yesus itu sama dengan nabi isa? kalo yg dimaksud tuhan yesus=nabi isa al masih, berarti tgl 25 bukan hari lahirnya nabi isa (yesus) krn pada tanggal itu masih musim dingin, jadi tidak mungkin ada gembala domba saat itu kalo tidak ingin membeku. saudaraku umat kresten bukalah hati kalian dan sadarlah bahwa anda adalah korban penyesatan kembalilah ke jalan yang benar, allah maha pengampun sebelum semuanya terlambat dimana saat itu tidak ada tawar menawar. lupakanlah perayaan natal…, dan yesus tidak lahir di tanggal itu.

  36. aku ykin bahwa nabi isa tidak mati pada penyalipan, krn dia adalah nabi allah, dalam ajaran kresten dia adalah sebagai yesus( tuhan yesus kristus) atau putra tuhan. mengacu pada keyakinan kresten kalau yesus bisa mati disalib alangkah lemahnya tuhan mereka, yakni tuhan yesus. Secara tidak langsung ini adalah penyesatan. aku juga tidak yakin apakah yang dimaksud oleh umat kresten tuhan yesus itu sama dengan nabi isa? kalo yg dimaksud tuhan yesus=nabi isa al masih, berarti tgl 25 Desember bukan hari lahirnya nabi isa (yesus) krn pada tanggal bulan itu masih musim dingin, jadi tidak mungkin ada gembala domba saat itu kalo tidak ingin membeku. saudaraku umat kresten bukalah hati kalian dan sadarlah bahwa anda adalah korban penyesatan kembalilah ke jalan yang benar, allah maha pengampun sebelum semuanya terlambat dimana saat itu tidak ada tawar menawar. lupakanlah perayaan natal 25 desember…, karena yesus (isa almasih ) tidak lahir di tanggal itu.

  37. setahu saya , di Arab memang belum ada pencatatan sipil….

    oleh karenanya,kita juga tidak tahu pasti kapan milad dan wafatnya Nabi Muhammad SAW.
    namun,seiring kemajuan ilmu falak,kita pun hanya bisa mengira-ngira kapan lahirnya para nabi entah itu dalam kalender hijriah maupun kalender miladiyah

    Dalam Islam sendiri,perayaan milad apalagi sampai bermewah-mewah itu adalah TASYABBUH…
    =BID’AH =HARAM!

    so,teman2ku sesama muslim,tinggalkanlah tradisi perayaan ultah….

  38. MAN TASBBAHA BI QOUMIN FA HUWA MINHUM,,,
    perayaan yg mengandung bid’ah,,,
    thank’s,,,jazakallah khair,,,

  39. mudah dilihat .. siapa yg menjelekkan agama lain selain agama yang dianutnya, dialah yg gelisah dan mengada2 .. sekaligus membuktikan bahwa agamanya tak sempurna karena tak berhasil mendidiknya tuk memiliki etika yg baik …

  40. Keyakinan itu sulit diubah dan keyakinan yang terbaik timbul dari diri sendiri bukan dari keturunan maupun lingkungan.Jadilah Anda orang yang teguh berkeyakinan dan matilah karena Islam.

  41. gak usah saling mengejek..!! injil ataupun qur-an tidak punya tangan dan tidak punya kaki, kalian punya akal. saling mengejek bersumber dari amarah Sombong,Gengsi,Iri,Sirik,Dengki,Congkak,Takabur,dll dan kedurhakaan menyulut pemikiran-2 dari sudut kejahilan yang tak diketahui insan sejati karena telinga yg dibuntu virus ruhani Sombong,Gengsi dll itu sehingga gelombang kebenaran tidak bisa sampai ke qolbu sehingga punya kesimpulan masing-2 merasa paling benar, yang merasa islam itu juga jangan sembrono, 11 murid nabi Isa itu orang-2 kudus semua kecuali Judas, jadi kitab Injil yang mereka tulis sebelumnya itu BENAR semua, sekarang jadi banyak yg salah karena isi yang sudah benar dirubah2 oleh Paulus

  42. tertarik saya untuk ikut membahas serial yang satu ini,al-kitab sama sekali bukan injil,kitab yang berasal dari tuhan memang hanya ada 4 taurat,zabur,injil dan al-qur’an namum yang telah sesuai dengan janji tuhan,kitab yang paling sempurna dan terjamin kebenaranya adalah al-qur’an,kita batasi pembahasan kitab tuhan hanya injil dan al-qur’an.sedangkan kita semua tau injil telah tiada yang tersisa adalah al-kitab,al-kitab bukan bawaan dari isa,isa diberi mukjizat injil.bukan al-kitab,al-qur’an memang diberikan pda muhamad.sampai sekarang tak pernah berganti nama jadi majalah,koran atau nama lain,pertanyaan kok bisa??karna sejak pertama al-qur’an turun sampai detik ini,al-qur’an tak pernah direvisi maupun ada yang berani merevisi,ini seperti janji tuhan bahwa tuhan akan menjaga agamanya dan kitab nya,selanjutnya bagaimana dengan al-kitab?alkitab telah beberapa kali direvisi,dan yang merevisi bukan tuhan tapi manusia,tanyakan pada saksi-saksi yehuwa,dan tanyakan pada pendeta-pendeta tenta kebenaran kata-kata saya.kenapa kok islam tetap mulai karna umat islam berpegang teguh terhadap aturan dan kebenaran bukan sebatas doktrin,saya pun meragukan akan kebenaran kristen,karna banyak pertanyaan-2 yang tak bisa dijawab ketika ditanyakan mesti simpang siur,oh ya satu lagi saya bukan orang beragama,saya hanya penenggah dari masalah yang sedang kalian bahas tapi sekali lagi mohon maaf jika pendapat saya sedikit membela salah satu golongan,tapi ini adalah kenyataan yang harus saya sampaikan karna begitulah kenyataanya…tak lain.karna saya punya fakta dari setiap penelitian yang saya lakukan.terimakasih dan terimalah penjelasan dari saya dengan kepala lunak untuk direnungkan bukan untuk semakin keras berdebat.

  43. nabi yg agung adalah Dia bisa bangkit dari kematian dan bersilahturahmi mengadakan perjamuan bersama, dan melayang ke atas beserta raganya ke alam tanpa batas untuk membuktikan kepada manusia untuk tidak takut mati jika percaya padaNya.

  44. sok suci padahal pret…………….

  45. بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

    Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

    إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ ءَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لا يُؤْمِنُونَ

    Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman.

    Q.S. AL BAQARAH : 6

  46. Satu hal yang membuat aku menganggap orang kristiani itu bodoh, mereka tahu kalau Injil yang ada sekarang merupakan kumpulan tulisan yang disepakati saat masa raja constantine, yg disebut consili nicea. Agama Kristen dijadikan agama kerajaan, tujuannya agar bisa menyatukan kembali romawi, yang saat itu hampir runtuh. Jadi bisa dibilang, agama kristen adalah agama kesepakatan manusia.

  47. Sy memnyikapinya sbg penelusuran sejarah mengenai para Nabi…klo yg nonmuslim merasa tersinggung…maaf, telusuri lagi secara ilmiah, cari bukti sejarah biar diskusinya lebih enak…tidak saling menjelekkan dan menghina.

  48. Subhanallah..
    Nabi Muhammad itu tidak bisa membaca, tidak tahu sejarah, tapi Al Quran yang diturunkan kepadanya memuat kebenaran termasuk sejarah di masa lalu. Benar-benar suatu mu’jizat untuk orang-orang yang berfikir !

  49. tulisan yang bagus bang…bukan hanya sekedar tulisan artikel kaitannya juga bagus…tetap semangat…muliakan sesama….berarti juga memuliakan Tuhan….salam sejahtera bagi semua…andreas widiyanto

  50. “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia”. (QS. Ar-Ra’ad 11)

  51. Wew, pada debat… Kitab suci dimana2 asalnya suci. Tp ada oknum yg bermain jd abu2. Klo Al-Qur’an emang bener terjaga(titik demi titiknya), maka sejarah yg akan berkata atas kehendak-NYA. Semua orang berusahan membuktikannya, baek yg berniat buruk atw sebaliknya… Yang pasti kebenaran akan terbuka. So yg muslim, woles aj. Dan yang selainnya boleh membuktikanya juga, dan semoga qita berlomba2 dalam kebaekan.

  52. Islam agama yang membingungkan,lihat saja isi Alquran .Mengagungkan materi Pantas saja kawin cerai dimana mana, dan teroris dimana – mana. Ko membunuh mati sahit bagaimana.Muhamad mukanya tidak dikenal oleh orang Islam.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: